Berhubung kemarin udah berhasil install semua, yuk sekarang
kita lanjutin materinya! Untuk blog kali ini, gw bakal ngejelasin tentang
elemen-elemen yang dipakai di bahasa misalnya kayak tipe data, deklarasi
variabel, dan lainnya.
Tapi sebelumnya,
gw mau jelasin dulu program “Hello World!” yang kemarin dipake berikut cara
penulisan kode yang baik dan benar.
#include <stdio.h>
int
main(void)
{
printf("Hello World!");
return(0);
}
Kemarin yang dipakai itu kayak diatas kan ya? Bakal gw pecah
satu satu yaa
1.
#include <stdio.h>
Disini gunanya #include gitu buat manggil library. Apa itu
library? Isi dari library itu fungsi-fungsi yang udah dibuat dan tinggal
dipakai. Detailnya akan dibahas di bab soal fungsi yaa.
2.
Int main()
Setiap program bahasa C pasti punya program utama. Disini kita
deklarasi dengan int main(void). Jadi program utama ga perlu masukan data buat
dijalankan. Beberapa fungsi soalnya butuh data input supaya bisa dijalanin.
3.
Printf(“Hello World!”);
Buat ngeprint tulisan hello world. Khusus untuk print
tulisan aja tanpa angka variabel bisa langsung begitu, tapi nanti bakal
dijelasin cara ngeprint data variabel.
4.
Return(0);
Setelah eksekusi, akan dikembalikan nilai integer 0 karena
fungsi mainnya itu dideklarasi sebagai int.
Nah sekarang, gimana sih cara nulis kode yang enak dibaca?
intinya jangan lupa indentasi (kasih tab) setiap ada kurung kurawal (simbol
ini loh ‘{‘ atau ‘}’).
Supaya lebih enak dibaca lagi, tiap ada bagian baru, dikasih
komentar. Di bahasa C cara kasih komentar itu pake simbol ‘//’ di depan tulisan
yang akan jadi komentar. Komentar itu ga bakal diproses di program, cuman
supaya pembaca program ngerti maksud program itu apa.
Mungkin contohnya kayak begini.
int main(void)
{
//ini isi kode menjorok
pertama
{
//ini isi kode menjorok kedua
{
//ini isi kode menjorok
ketiga
}
}
}
Oke itu penjelasan
singkat soal kode yang kemarin digunain dan cara penulisan kode yang baik,
sekarang kita lanjut ke tipe data sekaligus deklarasi variabel.
Jadi supaya ada data yang bisa diproses, kita juga harus
punya variabel yang menyimpan nilai data tersebut. Misalnya kalau kita mau
bikin program yang mengkonversi kg jadi g, kita harus nyimpen data nilai kg
yang mau dikonversi dulu.
Data yang bisa disimpan juga banyak tipenya. Tapi sementara,
gw cuman kasih beberapa dulu biar ga pusing, makin lama makin ditambahin kok,
pelan-pelan yaa. Jadi tipe yang cukup sering dipake itu ada 3, tipe data int, double, dan char.
Tipe data Int itu
singkatan dari integer yang isinya angka yang bulat. Misalnya angka 1, 2, 3, 4,
dst. Angka 1230 itu juga termasuk angka integer (gw ngambil ngasal angkanya).
Tipe data double itu
mirip integer, tapi bisa nyimpen angka yang ga bulat. Misalnya 3.14, 0.5, dst. Kalau
dia nyimpan angka 1, biasanya jadi 1.0.
Tipe data char itu
nyimpen data karakter. Tapi cuman bisa 1 karakter. Misalnya ‘A’, ‘B’, ‘Z, ‘:’, ‘2’.
Angka 2 yang disimpan sebagai int dan sebagai char itu beda. Kalau int, data
tersebut bisa dilakukan operasi matematika. Kalau tipe bentukan char, kenanya
nanti jadi ASCII.
Oke sekarang udah tau ada 3 jenis tipe data. Gunanya apa? Jadi
kita harus deklarasi variabel dulu buat bisa nyimpen data.
Misalnya, gw mau bikin program yang menjalankan fungsi
penjumlahan variabel x dan y lalu disimpan dalam variabel z (kasarnya jadi
z=x+y). gw harus mendeklarasikan tipe data buat variabel x, y, dan z.
pada kasus ini gw mau mereka nyimpen data integer ya. Jadi deklarasinya bakal
kayak gini.
int x,y,z;
jadi program kita udah bakal nyimpen variabel x,y, dan z
sebagai integer. Kalau mau double atau char berarti:
double x,y,z;
char x,y,z;
Sejauh ini paham
ya? Yuk lanjut bikin programnya!
Kita bikin
program simple yang menerima input nilai x terus nilai x tersebut diprint ke
layar. Kan kalau print ke layar pake printf, kalau terima input? Pake scanf.
Gimana penulisan
scanf? Jadi misalnya kalian mau nerima input dan dimasukan ke variabel x.
karena variabel x itu integer, kita harus pake %d. terus variabelnya juga kita
cantumin di scanf pake &. Kenapa? %d supaya scanf ga bingung mau cantumin
variabel tipe apa dan simbol & biar scanf tau nilai input mau dimasukin ke
variabel apa(bakal berguna kalau mau cantumin banyak variabel sekaligus).
Gw contohin ya.
scanf("%d",&x);
jadi dia
bakal nunggu user masukin nilai integer yang bakal dimasukin ke variabel x.
printf buat variabel juga begitu, gw harus tulis begini jadinya.
printf("nilai variabel x =
%d",x);
liat ya
bedanya? Di scanf gw ada pakai & dan di printf ngga. Program utuhnya nanti
bakal kayak begini.
#include <stdio.h>
int
main(void)
{
//Variable declaration
int x;
//Receive Data
scanf("%d",&x);
//Print Data
printf("nilai variabel x =
%d",x);
return (0);
}
Sekarang programnya gw eksekusi. Programnya namanya
summing.c (awalnya mau sampai penjumlahan ngajarinnya tapi keknya udah
kebanyakan). Hasilnya bakal kayak gambar dibawah ya.
Mungkin itu cukup sekian dari gw penjelasan untuk hari ini
karena udah terlalu panjang.
Sekarang biar
kalian ada latihan juga, gw kasih soal soal dulu ya.
1.
Print dua kalimat ini ke layar.
Saya suka makan eskrim.
Sekali makan eskrim, saya bisa makan 10.
2.
Print dua kalimat sama kayak diatas, tapi angka
10-nya diganti angka inputan kalian. Misalnya kalian masukin angka 5. Jadinya:
Saya suka makan eskrim.
Sekali makan eskrim, saya bisa makan 5.
Sukses selalu teman-temann.