Helo minasan (wibu dikit ga apa ya sekali-kali). Sekarang
kita lanjut ke materi selanjutnya desu. Yang bakal dipelajarin hari ini itu
arithmetic expressions kayak tambah, kurang, kali, bagi, sama mod. Setelah bisa,
kita lanjut ke mathematical formulas. Terakhir, formula matematika tadi bakal
dibikin ke dalam functions! Yuk mulai.
Arithmetic expressions yang diluar library math.h itu ada 5
-
Tambah (+)
-
Kurang (-)
-
Kali (*)
-
Bagi (/)
-
Mod (%)
Jadi kalau misalnya mau bikin lima tambah lima berarti
tulisnya 5+5. Kalau mau bikin 21 mod 7 berarti 21%7(hasilnya 0). Oke kelar wkwkwkkwwk.
Sekarang lanjut ke mathematical formulas. Jadi di bahasa C
akan diprioritaskan kali sama bagi dulu baru tambah dan kurang. Misalnya gw mau
bikin rumus kayak begini
Jadi gw bakal nulisnya : b*b – 4*a*c.
kalau gw mau bikin rumus kayak begini
Gw bakal nulisnya (a+b)/(c+d). Mathematical formulas. KELAR! Wkwkwkwkkw.
Dan ini bagian yang asiknya, functions. Function itu apa sih?
jadi di bahasa C kita bisa bikin semacam fungsi yang nantinya tinggal dipakai. Ini
guna kalau fungsinya mau dipake berulang-ulang, supaya programnya ga makan
banyak memori kalau kepanjangan.
Misalnya gw mau hitung luas dari lingkaran. Rumus luas
lingkaran itu π.r2. jadi kalau dibuat di program bakal jadi
22/7*r*r. kalau dibuat di dalam bahasa C tanpa function hasilnya bakal begini.
#include <stdio.h>
#define PI 3.14
int main(void)
{
//variables
float r,luas;
///main
program
//receive
input
printf("Masukkan
jari-jari lingkaran:");
scanf("%f",&r);
//calculation
luas = PI*r*r;
//print
luas
printf("luas
adalah = %f",luas);
return(0);
}
Jadi program
bakal minta input jari-jari, hitung luas, terus diprint. Oh iya sebelumnya gw
lupa jelasin, kalian bisa deklarasi variabel global pake #define PI 3.14.
jadinya PI akan bernilai 3.14. Sekarang, kalau kita bikin rumus hitung
lingkarannya jadi function, hasilnya bakal jadi kayak begini.
#include <stdio.h>
#define PI 3.14
int main(void)
{
//variables
float r;
///main
program
//receive
input
printf("Masukkan
jari-jari lingkaran:");
scanf("%f",&r);
//calculation
luas_lingkaran(r);
//print
luas
printf("luas
adalah = %f",luas);
return(0);
}
float luas_lingkaran(float jari)
{
float luas;
luas = PI*jari*jari;
return luas;
}
Rumus buat hitung luas lingkaran sekarang ada di dalam
function yang namanya luas_lingkaran. Sama aja, kalau di print ke layar,
hasilnya bakal kayak gini.
Sekarang gw bakal jelasin alur programnya itu gimana. Yuk
kita bandingin dulu alur program tanpa function dan dengan function lewat
flowchart ini.
Jadi yang bisa diliat, kalau yang program tanpa function,
dia langsung eksekusi semuanya tanpa ada akses fungsi lain. kalau dengan
function, dia bakal akses fungsi dulu. Mungkin ini terlihat ga guna, tapi
mungkin contoh yang bermanfaat gini. Pengguna masukin 3 jari-jari lingkaran dan
didapatkan 3 luas lingkaran. Kalau banyak lingkaran yang dihitung maka function
bakal lebih guna.
Mungkin latihan untuk kalian, coba bikin.
1.
Rumus buat hitung volume dari kerucut.
2.
Rumus buat hitung volume dari kerucut tapi pakai
function.
Mungkin ini sekian dulu dari gw, materi selanjutnya kita
akan masuk ke conditional
if else. So stay
tuned guys!