Wednesday, July 11, 2018

Solusi Latihan Soal C Language Course Part 2

Halo –halo (Bandung), kemarin gw sempet kasih soal latihan kan yaa, sekarang gw bakal ngasih solusinya. Gw paparin dulu soalnya baru kasih pembahasannya yaa.

SOAL

1.     Print dua kalimat ini ke layar.
Saya suka makan eskrim.
Sekali makan eskrim, saya bisa makan 10.

2.     Print dua kalimat sama kayak diatas, tapi angka 10-nya diganti angka inputan kalian. Misalnya kalian masukin angka 5. Jadinya:
Saya suka makan eskrim.
Sekali makan eskrim, saya bisa makan 5.

SOLUSI

1.     Kalau ini pakai printf aja. dan biar mudah dianggap 10nya itu karakter aja. jadinya kayak begini.

#include <stdio.h>

int main(void)
{
   printf("Saya suka makan es krim\n");
   printf("Sekali makan eskrim, saya bisa makan 10");
  
   return(0);
}

Kemarin gw lupa ngejelasin, jadi kalau printf itu masih print dalam 1 baris. Jadi supaya bisa beda baris, harus dikasih simbol ‘\n’ yang artinya newline. Jadi setelah dikasih baru hasilnya bakal kayak gini.


itu ada error karena gw lupa kasih tanda ';' di belakang return(0). setiap kalimat harus diakhiri sama tanda ';' soalnya.

2.     Kalau ini, harus terima input dulu pakai scanf. Di kasus ini masih bebas mau terima angkanya sebagai variabel tipe apa karena cuman di print aja. di kasus ini gw mau pake integer aja.

#include <stdio.h>

int main(void)
{
   // variable declaration
   int ice_cream;
  
   ///main program
   //receive input from user
   printf("masukkan jumlah eskrim yang biasa dimakan  =  ");
   scanf("%d",&ice_cream);
   printf("\n");
  
   //print to screen
   printf("Saya suka makan es krim\n");
   printf("Sekali makan eskrim, saya bisa makan %d",ice_cream);
  
   return(0);
}

Kalau programnya dijalanin, bakal kayak begini tampilannya.


Selamat! Sekarang udah lebih berasa sakti kan programmingnya?

No comments:

Post a Comment