Monday, December 9, 2019

Mau Ganti HP? Baca Dulu!


Sebentar lagi tahun akan berganti dan teknologi juga semakin update. Mungkin handphone kalian juga mau diganti? Kalau kalian belum ada ide mau beli handphone apa, postingan kali ini bisa berguna buat kalian. Apa aja sih kira-kira poin-poin yang perlu diperhatikan dalam membeli handphone?
Poin 1 : Apa Tujuan Kamu Ganti HP?
Apa sih alasannya kamu mau ganti HP? Hpnya cepet panas dan lemot? Kameranya kurang sakti? Yang penting ikutin brand? Tentunya ada dong alasannya kenapa mau ganti HP.
Misalkan tujuannya untuk gaming, disarankan beli handphone dengan chipset kualitas tinggi. Misalnya Snapdragon generasi 7 misalnya 710, 712, 730, 765 atau 765G. Lebih bagus lagi kalau chipsetnya generasi 8 misalnya 845, 850, 855, 855+, atau 865! Kalau ada inisial G, misalnya Snapdragon 730G, itu lebih didesign untuk gaming.
Semisalkan kalian jarang main game tapi kalian senang untuk foto, lebih baik dari yang kameranya bagus. Kamera bagus itu bisa diliat dari resolusi kamera, apperture, ISO, atau fitur lain misalnya Phase Detection Auto Focus (PDAF), Electronic Image Stabilization (EIS), atau Optical Image Stabilization (OIS).
Atau mungkin kalian yang penting hpnya tahan lama? Mungkin cari yang kapasitas baterainya besar dan ada fitur fast chargingnya.
Poin 2 : Jebakan Batman!
Sekarang HP itu makin beragam. Tapi beberapa hp bisa jadi ada jebakan batmannya kalau ga cermat. Contohnya gimana?
Contohnya ada beberapa HP yang gaada tempat untuk pasang jack 3.5mm. Apa itu jack 3.5 mm? Itu tempat untuk kita pasang earphone, headphone, headset, dan kawan-kawannya. Misalnya xiaomi mi mix alpha.
Ada juga model kamera yang ketanam. Mungkin bagi sebagian orang ini tidak masalah, tapi ternyata ada juga yang tidak suka dengan fitur ini. Contoh HP yang punya fitur ini adalah xiaomi redmi k20 pro.
Beberapa HP juga Ada tidak punya card slot. Efeknya kalian tidak bisa menambah memori semisalkan memori internal kalian udah penuh. Tapi biasanya HP yang tidak punya card slot punya memori internal yang besar.
Mungkin hal lain yang harus diperhatikan itu layar HP. Beberapa HP ada yang masih pake LCD padahal HP sekarang kebanyakan udah pakai LED. LED dan LCD ada kelemahan dan keunggulannya masing-masing. Untuk LED, singkatnya gambar yang dihasilkan cenderung lebih bagus dan hemat baterai. Tapi untuk pemakaian lama lebih cepat rusak dibandingkan LCD.
Poin 3 : Fitur Tambahan
Beberapa orang mungkin tertarik dengan HP yang ada fingerprint, NFC, atau fitur. Kalau saya sendiri sekarang nunggu HP murah yang udah bisa 5G.
“loh tapi kan 5G masih belum bisa dipake di Indo.”
“5G kan sekarang baru uji coba, paling baru bisa dipake taun 2022 atau 2023.”
Jadi gini teman-teman. handphone yang ada 5Gnya udah bakal banyak diproduksi tahun 2020. Berhubung bentar lagi 2020, gw mending beli HP yang bisa 5G. kalau teknologi 5G keluar, gw ga perlu ganti HP lagi buat nikmatin. Kabarnya xiaomi bakal keluarin HP 5G dengan harga sekitar 5 jutaan loh.
Jadi kira-kira itu 3 poin penting yang layak kalian pertimbangkan kalau kalian mau ganti HP. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment